PaperPhone, Kertas Yang Bisa Nelepon

handphone-kertas
Teknologi memang semakin gila, semakin kesini teknologi menyuguhkan inovasi peralatan yang semakin unik, namun pastinya tidak mengurangi esensi manfaat teknologi tersebut. Belum lama ini, para peneliti dari Kanada mendemonstrasikan sebuah ponsel pintar (Smart Phone) yang terbuat dari kertas elektronik.
Yang menarik, Ponsel berteknologi yang diberi nama PaperPhone itu begitu fleksibel dan dapat dikendalikan dengan membengkokkannya, menulis di atasnya atau digunakan layaknya perangkat layar sentuh.

PaperPhone ini dibuat untuk menunjukkan kepada orang bagaimana memiliki sebuah perangkat ponsel yang fleksibel, tanpa takut jatuh, rusak, patah dll. Ponsel canggih ini dibuat oleh kolaborasi antara para peneliti dari Universitas Queen di Kingston, Kanada dan Universitas Arizona di AS, bersama peneliti dari E-Ink Corporation.
“Ini adalah masa depan. Semuanya akan terlihat dan terasa seperti ini dalam lima tahun (kedepan), komputer ini terlihat, terasa dan beroprasi seperti lembaran kertas kecil interaktif,” kata Roel Vertegaal, direktur dari laboratorium media manusia di Universitas Queen.
Lembaran kertas elektronik yang menggunakan teknologi E-Ink itu juga bisa dijumpai pada perangkat baca elektronik Amazon Kindle, yang tebalnya hanya berukuran milimeter dan dapat digunakan untuk menelepon, membaca buku elektronik dan memainkan musik.
Para Peneliti menjelaskan bahwa teknologi ini nantinya akan menggantikan kertas yang bertumpuk, nantinya akan ditaruh secara digital dan lembarannya tidak kalah dengan kertas sungguhan.”Kantor tanpa kertas ada di sini. Semuanya dapat disimpan secara digital dan anda dapat menempatkan komputer ini di atas yang lainnya, layaknya sebuah susunan kertas.” ungkapnya.
PaperPhone istimewa ini dipajang dalam ajang konferensi CHI (Association of Computing machinery) 2011 di Vancouver, Kanada hari ini seperti yang diungkap Antara.

0 Response to " PaperPhone, Kertas Yang Bisa Nelepon "

Powered by Blogger